Rabu, 05 Agustus 2020

BAHASA INDONESIA : IDE POKOK

IDE POKOK adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok bisa juga kita sebut sebagai GAGASAN UTAMA. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Dalam sebuah paragraf terdapat 2 jenis kalimat:

1. Kalimat utama, yaitu kalimat yang menjadi inti pembahasan dari sebuah paragraf.

2. Kalimat penjelas, yaitu kalimat yang mendukung atau menjelaskan dari kalimat utama.

bisa kita simpulkan bahwa kalimat utama bisa berdiri sendiri tanpa ada kalimat penjelas, namun kalimat penjelas tidak dapat berdiri sendiri.

Yang perlu kalian ingat adalah Kalimat utama tidak sama dengan Kalimat pertama. d

lalu berada dimanakah kalimat utama itu??

Sebelum mengetahui letak kalimat utama, yuk kita berkenalan dengan beberapa jenis paragraf.

JENIS-JENIS PARAGRAF

1. PARAGRAF DEDUKTIF

Paragraf deduktif adalah paragraf yang bermula membahas hal-hal yang bersifat umum atau luas, lalu mengerucut atau mengarah ke pembahasan yang lebih khusus. pada paragraf deduktif Kalimat Utama terletak di awal paragraf.

     Ciri-ciri paragraf deduktif:
  • Kalimat utama berada di awal paragraf
  • pola dalam paragraf membahas dari hal umum ke hal khusus
Contoh:
Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi. Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengendarai mobil saat mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berakibat merugikan banyak orang. Insiden kecelakaan karena mengantuk ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.

Kalimat bercetak tebal adalah kalimat utama, kenapa? karena jika kita lihat kalimat selanjutnya menjelaskan kalimat pertama. seperti kalimat "Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol." Kalimat ini mengacu pada kalimat pertama dan menjelaskan jumlah orang yang meninggal akibat kecelakaan.

2. PARAGRAF INDUKTIF

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf. pada awal paragraf induktif diberikan kalimat-kalimat penjelas yang akhirnya menjadi disimpulkan dalam kalimat utama di akhir.

    Ciri-ciri paragraf induktif:
  • Diawali dengan kalimat penjelasan
  • Kalimat utama berada di akhir paragraf
  • pola dalam paragraf membahas hal khusus lalu disumpulkan ke hal umum
Contoh:
Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarkat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Kalimat bercetak tebal adalah kalimat utama, karena memberikan kesimpulan dari kalimat penjelas sebelumnya. selain itu kalimat sebelumnya menjelaskan tentang macam-macam penyakit yang akhirnya dibahas secara umum di kalimat terakhir.

LANGKAH MENEMUKAN IDE POKOK

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir
  3. Carilah kalimat utama dari paragraf (ingat kalimat utama dapat berdiri sendiri. jika kalian hilangkan kalimat lainnya dia masih bisa berdiri sendiri. Bisa berada di awal atau akhir paragraf)
  4. Tandai informasi penting yang sesuai dengan pembahasan kalimat utama.


Demikian artikel ini dibuat. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
jangan lupa tinggalkan jejak dikolom komentar sebagai motivasi penulis untuk terus berkarya.
nantikan juga artikel selanjutnya yaa...

Semangat Belajar!

0 komentar:

Posting Komentar