Minggu, 09 Agustus 2020

IPA: ADAPTASI MAKHLUK HIDUP

 APA ITU ADAPTASI??

Mungkin kalian pernah mendengar kata Adaptasi, namun tahukah kamu arti dari adaptasi itu sendiri?


Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. untuk apa makhluk hidup beradaptasi? ada beberapa tujuan makhluk hidup beradaptasi, yaitu:

  1. Untuk melindungi diri dari musuhnya
  2. Untuk mendapatkan makanan
  3. Untuk bertahan hidup
Sedangkan yang dimaksud dengan Ciri Khusus adalah ciri yang dimiliki mahkluk hidup sebagai pembeda dari makhluk lainnya. 

Adaptasi dan Ciri Khusus ini sangat berkaitan erat dengan Habitat (tempat tinggal) dari makhluk hidup tersebut. Kenapa bisa begitu? untuk bisa menjawab pertanyaan ini silakan kalian baca tulisan di bawah ini lalu simpulkan sendiri!

ADAPTASI PADA TUMBUHAN

Tumbuhan beradaptasi untuk mempertahankan hidupnya. beberapa memiliki ciri khusus pada tanaman atau tumbuhan yang menempati daerah tertentu.
Sebelum lebih jauh mari kita berkenalan dengan habitat (tempat hidup) dari tumbuhan. Berdasarkan tempat hidupnya tumbuhan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. Hidrofit, Tumbuhan yang sebagian tubuhnya berada di permukaan air. akarnya berada di dalam air. Batang atau tangkainya memiliki rongga untuk mendapatkan udara/oksigen. contoh tanaman hidrofit adalah pohon bakau, eceng gondok, teratai, kangkung, dan tanaman lain yang hidup di air.
  2. Higrofit, Tumbuhan yang hidup  di daerah lembap. Tubuhnya terdiri atas bagian-bagian akar, batang, dan daun. Batangnya pada umumnya tidak tampak karena terdapat di dalam tanah. daunnya yang muda umumnya menggulung. biasanya tanaman ini hidup di hutan hujan dan rawa. contoh tanaman Higrofit adalah tumbuhan paku, pakis, dan lumut.
  3. Xerofit, Tumbuhan yang hidup di daerah yang kering. Tumbuhan ini memiliki daun tebal, sempit, kadang-kadang berubah bentuk menjadi duri, sisik, atau bahkan tidak mempunyai daun. Batangnya tebal dan memiliki jaringan untuk menyimpan air. akarnya juga panjang untuk mencari air di dalam tanah. contoh tanaman xerofit adalah kaktus, lidah buaya, pohon kurma, aloevera.
Selain 3 jenis tumbuhan di atas masih banyak lagi cara tumbuhan dalam beradaptasi, di bawah ini sedikit contoh dari cara adaptasi dan ciri khusus tumbuhan:


ADAPTASI HEWAN

Tidak jauh berbeda dengan adaptasi tumbuhan, Adaptasi hewan memiliki tujuan yang sama.
Berikut merupakan beberapa contoh dari adaptasi dan ciri khusus hewan:

Demikian artikel ini dibuat. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
jangan lupa tinggalkan jejak dikolom komentar sebagai motivasi penulis untuk terus berkarya.
nantikan juga artikel selanjutnya yaa...

0 komentar:

Posting Komentar