Senin, 14 September 2020

PPKn : KEBERAGAMAN SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI MASYARAKAT

 Apa itu KEBERAGAMAN?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Keberagaman memiliki arti ragam, bermacam-macam, berwarna-warni.

Di negara kita, Indonesia. Keberagaman bukanlah hal yang asing. karena Indonesia memiliki 1.331 suku (data BPS 2010), 652 bahasa daerah (data Badan Bahasa), dan memiliki 17.504 pulau (7.870 memiliki nama, dan 9.634 pulau tak bernama). Jadi keberagaman merupakan pemandangan yang bisa kita lihat sehari-hari terutama di kota-kota besar yang sering didatangi perantau.

Dari keberagaman ini kita sebagai Bangsa Indonesia patutnya mensyukuri nikmat yang telah diberikan tuhan ini. karena tidak semua negara memiliki keberagaman seperti yang dimiliki Indonesia. Keberagaman ini juga harus kita jaga, jangan sampai karena keberagaman ini kita menjadi terpecah belah dan hanya mengakui suku kita masing-masing. Kita harus bersatu seperti semboyan negara kita "BHINNEKA TUNGGAL IKA" walaupun berbeda-beda tetapi satu jua (tujuan). karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yaitu makhluk hidup yang saling bergantung dengan yang lain dan tidak dapat hidup sendiri.

Karena banyaknya suku, bahasa, dan pulau di Indonesia ternyata berpengaruh juga terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakatnya.

Sekarang kita akan belajar tentang Keberagaman Sosial, Budaya dan Ekonomi Masyarakat Indonesia.

1. KEBERAGAMAN SOSIAL

Keberagaman sosial adalah segala sesuatu yg berhubungan dengan keanekaragaman atau perbedaan dalam suatu masyarakat atau lingkup tertentu. Keberagaman sosial dalam masyarakat meliputi:
  • Keberagaman Agama
Indonesia merupakan negara yang mewajibkan rakyatnya untuk memeluk agama. Rakyat diberikan kebebasan untuk memilih agama yang dia yakini dan tidak ada yang bisa memaksakan agama apa yang akan dianut olehnya. Di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui, yaitu:
a. Islam
b. Protestan
c. Katolik
d. Hindu
e. Budha
f. Konghucu
  • Keberagaman Suku
Keberagaman suku adalah perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh suatu bangsa di suatu tempat. Di Indonesia memiliki beragam suku bangsa seperti, suku batak, suku minang, suku badui, suku sunda dan masih banyak lagi. Apakah kalian tahu apa lagi suku yang ada di Indonesia?
  • Keberagaman Mata Pencaharian
 Keberagaman mata pencaharian adalah perbedaan pekerjaan yang dipengaruhi oleh kondisi suatu wilayah, seperti nelayan, petani, pedagang, dan lain-lain.

2. KEBERAGAMAN BUDAYA

Keberagaman budaya merupakan suatu wilayah atau negara yang memiliki budaya lebih dari satu, hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suku atau ras. Budaya di Indonesia sangat banyak macamnya mulai dari upacara adat, alat musik, rumah adat, pakaian adat, dan permainan tradisional.

Untuk lebih lengkapnya tentang kekayaan budaya Indonesia, bisa kalian baca di sini

3. KEBERAGAMAN EKONOMI

Keragaman ekonomi adalah kondisi di mana terdapat banyak jenis kegiatan ekonomi dari para pelaku ekonomi di dalam masyarakat yang dipengaruhi oleh kondisi wilayahnya.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, kondisi alam yang beraneka ragam menjadikan Indonesia memiliki banyak kegiatan ekonomi. diantaranya:

1. Kegiatan Agraris
Kegiatan agraris adalah kegiatan penduduk dalam memanfaatkan faktor-faktor alam, khususnya dalam bidang pertanian; termasuk di dalamnya adalah peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan

2. Kegiatan Perdagangan
 kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan.

3. Kegiatan Industri
kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang bermutu tinggi dalam penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

4. Kegiatan Pertambangan
kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian (mineral, batubara, panas bumi, migas) 

5. Kegiatan Pariwisata
Kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata untuk memaksimalkan sumber daya, berupa modal, manusia, dan alam dengan harapan memperoleh hasil produk pariwisata berupa barang dan jasa yang maksimal.


Di indonesia keberagaman merupakan salah satu kekuatan kita untuk menjadi bangsa yang besar, cara kita dalam menyikapi keberagaman adalah dengan cara saling menghargai perbedaan satu sama lain. Baik itu saling menghargai agama, suku, maupun pekerjaan.

Hidup kita akan lebih baik jika kita semua saling menghargai dan juga tidak saling mencela. karena setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. dengan keberagaman inilah kita saling mengisi satu sama lain agar bangsa kita menjadi bangsa yang besar.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. terus dukung penulis dengan cara membagikan materi ini ke teman-teman kalian yaa. jangan lupa tinggalkan jejak dengan cara tuliskan kritik dan saran kalian di kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya...

2 komentar: