Senin, 19 Oktober 2020

IPA: MAGNET DAN SIFAT-SIFATNYA

 Pernahkah kalian melihat magnet? apakah kalian tahu teknologi apa saja yang menggunakan prinsip magnet?

Sebelum kita menuju pembahasan itu mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan magnet.

APA ITU MAGNET?

Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda lain yang terbuat dari logam. Magnet memiliki beberapa bentuk, berikut ini merupakan berbagai bentuk magnet.

Sumber: penuliscilik.com

SIFAT-SIFAT MAGNET

  1. Magnet dapat menarik benda magnetik. Sifat yang utama yang dimiliki oleh magnet adalah mampu menarik bbenda yang terbuat dari logam. Namun tidak semua logam bisa ditarik oleh magnet, melainkan benda-benda yang bersifat magnetik seperti besi, baja, nikel, dll.
  2. Magnet memiliki 2 kutub, yakni kutub Utara (U) dan kutub Selatan (S) pada kedua ujungnya.
  3. Dua kutub yang sama akan tolak menolak, sedangkan dua kutub yang berbeda akan tarik-menarik, Sifat magnet berikutnya adalah efek dari kutub-kutub yang didekatkan. Jika kutub yang didekatkan sama (contoh: Kutub Utara dengan Kutub Utara) maka kedua magnet akan saling berjauhan (menolak), namun jika kutub yang berbeda didekatkan (contoh: Kutub Utara dengan Kutub Selatan) maka kedua magnet agak mendekat bahkan menempel.

    Sumber: freepik.com

  4. Medan magnet membentuk gaya magnet. Daerah sekitar magnet yang memiliki gaya magnet disebut juga medan magnet. di sekeliling magnet terdapat medan magnet, namun terdapat medan magnet yang memiliki gaya magnet kuat dan lemah. Medan magnet yang memiliki gaya magnet terkuat terdapat pada kedua kutubnya.

    Medan Magnet
    Sumber: utakatikotak.com

  5. Sifat magnet dapat hilang. Sifat magnet dapat hilang jika dijatuhkan atau dibakar.

BENDA MAGNETIK DAN NON MAGNETIK

Benda magnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet. yang termasuk benda magnetik adalah benda yang terbuat dari logam. Tetapi tidak semua logam dapat ditarik oleh magnet dengan baik. Benda yang terbuat dari besi dan baja yang dapat ditarik magnet dengan sangat baik. contoh benda magnetik adalah obeng, gunting, jarum, paku, dll.

Benda non magnetik adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. yang termasuk benda non magnetik adalah benda yang tidak terbuat dari logam seperti plastik, kayu, dan kertas.

CARA PEMBUATAN MAGNET

Ada beberapa cara untuk membuat magnet buatan, diantaranya:
  1. Gosokan. Gosokan adalah cara membuat magnet dengan car menggosokan benda yang terbuat dari logam dengan magnet dan gosokannya harus searah.

    Gosokan magnet satu arah
    Sumber: zenius.net

  2. Induksi. Induksi adalah cara membuat magnet dengan cara mendekatkan benda yang terbuat dari logam ke magnet.

    Besi yang didekatkan dengan magnet permanen akan membuat besi memiliki medan magnet sementara
    Sumber: informazone.com

  3. Elektromagnet. Elektromagnet adalah cara membuat magnet dengan cara mengaliri arus listrik pada benda yang terbuat dari logam.

    Paku dialiri listrik dari baterai membuat medan magnet
    Sumber: https://sebutkanitu.blogspot.com/2019/04/sebutkan-3-cara-menghilangkan.html

0 komentar:

Posting Komentar